Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • pgsd@rokania.ac.id

  • 628121858819

Profil Lulusan

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania bertujuan untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, kompeten, dan berintegritas tinggi dalam bidang pendidikan dasar. Program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru yang mampu mengelola pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif di tingkat sekolah dasar. Dengan kurikulum yang komprehensif dan berbasis kompetensi, program ini menekankan pada pengembangan pengetahuan pedagogik, keterampilan mengajar, serta penguasaan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik usia sekolah dasar.

Keunggulan:

  1. Kurikulum Berbasis Kompetensi:

    • Kurikulum yang dirancang sesuai dengan standar nasional pendidikan dan kebutuhan nyata di lapangan.
    • Pengembangan kurikulum yang berfokus pada penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.
  2. Dosen dan Tenaga Pengajar Berkualitas:

    • Tenaga pengajar yang memiliki pengalaman luas dan kualifikasi akademik yang tinggi dalam bidang pendidikan dasar.
    • Pengajar yang aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat memberikan wawasan yang luas dan up-to-date kepada mahasiswa.
  3. Fasilitas Pendidikan Modern:

    • Fasilitas laboratorium pendidikan yang lengkap untuk mendukung praktik pembelajaran.
    • Akses ke perpustakaan dengan koleksi buku dan sumber belajar digital yang memadai.
  4. Program Praktik Lapangan dan Magang:

    • Kesempatan untuk melaksanakan praktik mengajar di sekolah-sekolah dasar mitra yang tersebar di berbagai wilayah.
    • Program magang yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengelola kelas dan berinteraksi dengan siswa.
  5. Kegiatan Ekstrakurikuler yang Mendukung:

    • Beragam kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan soft skills dan keterampilan interpersonal mahasiswa.
    • Peluang untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat yang relevan dengan pendidikan dasar.

Profil Lulusan:

  1. Guru Sekolah Dasar yang Profesional:

    • Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di sekolah dasar.
    • Menguasai metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.
    • Mampu mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran yang inovatif dan menarik.
  2. Pengembang Kurikulum dan Bahan Ajar:

    • Mampu mengembangkan kurikulum sekolah dasar yang sesuai dengan standar pendidikan nasional.
    • Menguasai teknik pengembangan bahan ajar yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
    • Mampu melakukan evaluasi dan perbaikan kurikulum serta bahan ajar secara berkelanjutan.
  3. Peneliti Pendidikan Dasar:

    • Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan pendidikan dasar.
    • Mampu menganalisis data penelitian dan menyusun laporan penelitian yang berkualitas serta mempublikasikannya di jurnal ilmiah.
    • Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar.
  4. Konselor Pendidikan:

    • Mampu memberikan bimbingan dan konseling kepada peserta didik sekolah dasar.
    • Menguasai teknik-teknik konseling pendidikan dan mampu membantu peserta didik dalam mengatasi masalah belajar dan perkembangan.
    • Mampu bekerja sama dengan orang tua dan pihak sekolah dalam mendukung perkembangan peserta didik.
  5. Penggerak Komunitas Pendidikan:

    • Mampu merancang dan melaksanakan program-program pendidikan masyarakat yang berfokus pada pendidikan dasar.
    • Menguasai pengetahuan tentang pemberdayaan komunitas dan mampu mempromosikan partisipasi aktif masyarakat dalam pendidikan.
    • Mampu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekitar.

Dengan profil lulusan ini, diharapkan para sarjana dari Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia serta menjadi agen perubahan dalam memajukan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi seluruh anak bangsa.